Kemungkinan beberapa dari kita ada yang belum mengenali arti itu. Merek awareness ialah kekuatan customer dalam mengenal atau mengingat satu brand, termasuk juga nama, gambar, simbol, dan slogan-slogan spesifik yang sempat dipakai oleh merek itu dalam mempromokan beberapa produk mereka. Kekuatan customer untuk mengenali serta mengingat merek berperanan besar dalam ketetapan seorang untuk beli barang.
Kenapa Merek Awareness Penting?
Merek awareness penting buat usaha apa saja sebab bukan hanya mengundang customer untuk beli dari usaha anda untuk kali pertamanya, merek awareness membuat customer untuk selalu beli dari usaha Anda. Beberapa orang semakin lebih kemungkinan beli barang atau menggunakan layanan dari nama yang mereka yakin serta gampang dikenal, contohnya dari simbol serta tagline usaha anda, merek Anda ialah hal pertama yang akan tampil di pemikiran customer saat mereka akan beli suatu hal. Disamping itu, bila mereka senang dengan merek Anda, kemungkinan mereka akan memberitahu seseorang tentang merek Anda yang tentunya akan menolong merek Anda.
Merek awareness biasa dipakai untuk alat ukur performa satu merek. Tiap tahunnya, perusahaan berinvestasi untuk selalu melakukan perbaikan serta meningkatkan tingkat merek awareness mereka. Merek awareness tetap dipantau apabila berlangsung pengurangan, perusahaan akan memakai semua taktik advertensi serta penjualan sampai level merek awareness mereka kembali lagi. Ini adalah kunci penting dalam pemasaran rencana (rencana penjualan) serta strategy development (peningkatan taktik).
Merek awareness meningkatkan nilai buat satu produk, layanan, atau perusahaan. Bila Anda berinvestasi untuk membuat merek awareness, ini dapat menolong usaha Anda untuk bertahan serta jadi makin maju.
Merek awareness sendiri bisa digolongkan jadi 3 tingkatan, yakni:
Merek Recognition. Merek recognition, yang seringkali disebutkan aided recall, ialah kekuatan customer untuk mengenal satu produk saat mereka lihat produk itu. Belum pasti customer bisa mengingat nama mereka, tapi mereka mengenalnya saat lihat visual dari produk itu ibarat penampilan, simbol, jargon, atau warna.
Merek Recall. Merek recall, yang seringkali disebutkan unaided recall atau spontaneous recall, merujuk pada kekuatan customer untuk mengingat nama satu brand dari memory mereka berdasar kelompok produk. Pada tingkatan ini, customer cukup dengar kelompok produk atau lihat sepintas produk yang mereka perlukan untuk mengingat brand produk itu. Bila merek Anda telah ada di tempat ini bermakna customer serta calon customer telah mempunyai simpanan daya ingat mengenai merek Anda.
Menurut analisa, customer umumnya dapat menyebut 1-7 brand pada sebuah kelompok. Contohnya, waktu seorang ingin beli air mineral serta lihat display minuman, kemungkinan mereka akan pilih merek yang semakin akrab di daya ingat mereka. Kekuatan seorang untuk mengingat dikuasai oleh faktor-faktor seperti merek loyalty serta frekwensi penggunaan produk. Makin seringkali seorang memakai produk serta jika mereka mempunyai minat yang tinggi pada kelompok produk itu, mereka bisa mengingat semakin banyak nama brand dibandingkan customer yang tidak sering memakai produk serta kurang tertarik dengan kelompok produk itu.
Top-of-Mind Awareness. Teratas of mind awareness (TOMA) merujuk pada merek atau produk spesifik yang ada pertama-tama di pemikiran customer waktu mereka sedang pikirkan industri atau kelompok spesifik.
Bagaimana Langkah Menghitung Merek Awareness?
Kemungkinan anda ingin tahu bagaimanakah cara untuk menghitung merek awareness. Ada beberapa cara yang dapat dilaksanakan untuk menghitung level awareness.
Survey
Survey salah satu langkah yang seringkali dipakai untuk menghitung merek awareness. Untuk survey, mereka pilih beberapa customer untuk diberi pertanyaankan tentang pengetahuan mereka mengenai satu merek atau kelompok.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
52
53
54
55
56
57
58
59
60
61
62
63
64
65
66
67
68
69
70
71
72
73
74
75
76
77
78
79
80
81
82
83
84
85
86
87
88
89
90
91
92
93
94
95
96
97
98
99
100
101
102
103
104
105
106
107
108
109
110
111
112
113
114
115
116
117
118
119
120
121
122
123
124
125
126
127
128
129
130
131
132
133
134
135
136
137
138
139
140
141
142
143
144
145
146
147
148
149
150
151
152
153
154
155
156
157
158
159
160
161
162
163
164
165
166
167
168
169
170
171
172
173
174
175
176
177
178
179
180
181
182
183
184
185
186
187
188
189
190
191
192
193
194
195
196
197
198
199
200
1
2
3
1
2
3
Unaided recall tests. Tes ini biasa dipakai untuk menghitung merek recall. Customer cuma diberi satu kelompok produk serta diharap untuk mengatakan merek yang tampil di pikiran mereka sekitar yang mereka dapat.
Aided recall tests. Tes ini biasa dipakai untuk menghitung merek recognition. Customer diberi satu nama merek serta diharap untuk mengatakan apakah yang sempat mereka melihat atau dengar tentang merek itu. Mereka akan diharap untuk menerangkan apakah yang mereka mengetahui mengenai merek itu, contohnya menerangkan warna, simbol, bungkus produk, dan beberapa hal detil yang lain tentang merek itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar