Sabtu, 13 Juni 2020

Kemungkinan beberapa dari kita ada yang belum mengenali arti itu. Merek awareness ialah kekuatan customer dalam mengenal atau mengingat satu brand, termasuk juga nama, gambar, simbol, dan slogan-slogan spesifik yang sempat dipakai oleh merek itu dalam mempromokan beberapa produk mereka. Kekuatan customer untuk mengenali serta mengingat merek berperanan besar dalam ketetapan seorang untuk beli barang.

Kenapa Merek Awareness Penting?

Merek awareness penting buat usaha apa saja sebab bukan hanya mengundang customer untuk beli dari usaha anda untuk kali pertamanya, merek awareness membuat customer untuk selalu beli dari usaha Anda. Beberapa orang semakin lebih kemungkinan beli barang atau menggunakan layanan dari nama yang mereka yakin serta gampang dikenal, contohnya dari simbol serta tagline usaha anda, merek Anda ialah hal pertama yang akan tampil di pemikiran customer saat mereka akan beli suatu hal. Disamping itu, bila mereka senang dengan merek Anda, kemungkinan mereka akan memberitahu seseorang tentang merek Anda yang tentunya akan menolong merek Anda.

Merek awareness biasa dipakai untuk alat ukur performa satu merek. Tiap tahunnya, perusahaan berinvestasi untuk selalu melakukan perbaikan serta meningkatkan tingkat merek awareness mereka. Merek awareness tetap dipantau apabila berlangsung pengurangan, perusahaan akan memakai semua taktik advertensi serta penjualan sampai level merek awareness mereka kembali lagi. Ini adalah kunci penting dalam pemasaran rencana (rencana penjualan) serta strategy development (peningkatan taktik).

Merek awareness meningkatkan nilai buat satu produk, layanan, atau perusahaan. Bila Anda berinvestasi untuk membuat merek awareness, ini dapat menolong usaha Anda untuk bertahan serta jadi makin maju.

Merek awareness sendiri bisa digolongkan jadi 3 tingkatan, yakni:

Merek Recognition. Merek recognition, yang seringkali disebutkan aided recall, ialah kekuatan customer untuk mengenal satu produk saat mereka lihat produk itu. Belum pasti customer bisa mengingat nama mereka, tapi mereka mengenalnya saat lihat visual dari produk itu ibarat penampilan, simbol, jargon, atau warna.

Merek Recall. Merek recall, yang seringkali disebutkan unaided recall atau spontaneous recall, merujuk pada kekuatan customer untuk mengingat nama satu brand dari memory mereka berdasar kelompok produk. Pada tingkatan ini, customer cukup dengar kelompok produk atau lihat sepintas produk yang mereka perlukan untuk mengingat brand produk itu. Bila merek Anda telah ada di tempat ini bermakna customer serta calon customer telah mempunyai simpanan daya ingat mengenai merek Anda.

Menurut analisa, customer umumnya dapat menyebut 1-7 brand pada sebuah kelompok. Contohnya, waktu seorang ingin beli air mineral serta lihat display minuman, kemungkinan mereka akan pilih merek yang semakin akrab di daya ingat mereka. Kekuatan seorang untuk mengingat dikuasai oleh faktor-faktor seperti merek loyalty serta frekwensi penggunaan produk. Makin seringkali seorang memakai produk serta jika mereka mempunyai minat yang tinggi pada kelompok produk itu, mereka bisa mengingat semakin banyak nama brand dibandingkan customer yang tidak sering memakai produk serta kurang tertarik dengan kelompok produk itu.

Top-of-Mind Awareness. Teratas of mind awareness (TOMA) merujuk pada merek atau produk spesifik yang ada pertama-tama di pemikiran customer waktu mereka sedang pikirkan industri atau kelompok spesifik.

Bagaimana Langkah Menghitung Merek Awareness?

Kemungkinan anda ingin tahu bagaimanakah cara untuk menghitung merek awareness. Ada beberapa cara yang dapat dilaksanakan untuk menghitung level awareness.

Survey

Survey salah satu langkah yang seringkali dipakai untuk menghitung merek awareness. Untuk survey, mereka pilih beberapa customer untuk diberi pertanyaankan tentang pengetahuan mereka mengenai satu merek atau kelompok.



1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 1 2 3 1 2 3

Unaided recall tests. Tes ini biasa dipakai untuk menghitung merek recall. Customer cuma diberi satu kelompok produk serta diharap untuk mengatakan merek yang tampil di pikiran mereka sekitar yang mereka dapat.

Aided recall tests. Tes ini biasa dipakai untuk menghitung merek recognition. Customer diberi satu nama merek serta diharap untuk mengatakan apakah yang sempat mereka melihat atau dengar tentang merek itu. Mereka akan diharap untuk menerangkan apakah yang mereka mengetahui mengenai merek itu, contohnya menerangkan warna, simbol, bungkus produk, dan beberapa hal detil yang lain tentang merek itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar